Monday, August 6, 2018

5 Gereja Terindah di Islandia

Written by

Gereja paling terkenal di Islandia mungkin adalah Hallgrímskirkja yang menjulang tinggi di Reykjavik. Namun, itu tidak mewakili arsitektur sebagian besar gereja di seluruh negeri. Gereja-gereja awal, yang dapat ditemukan di pedesaan, hanya terstruktur dan terbuat dari rumput.

5 Gereja Terindah di Islandia

Stave Church on Heimaey
Pergilah ke pantai selatan Islandia, dan Anda akan menemukan Heimaey, pulau terbesar kepulauan Westman. Di sana Anda juga akan menemukan gereja paranada gaya tradisional Norwegia ini, yang merupakan hadiah dari Norwegia dan diterima pada tahun 2000 untuk memperingati 1.000 tahun peringatan Kekristenan diadopsi di Islandia. Gaya gereja ini khas era Viking dan di dalamnya Anda akan menemukan replika altar abad pertengahan.

Gereja Þingvellir di Taman Nasional Þingvellir
Bangunan gereja kayu saat ini berasal dari tahun 1859 dengan altar yang dicat dari tahun 1834 dan interior kayu dengan gaya yang sederhana pada zaman itu. Namun, ada sumber daya yang mencatat keberadaan gereja di Þingvellir yang didirikan tak lama setelah tahun 1000 ketika penduduk Islandia pindah agama menjadi Kristen. Faktanya, telah didokumentasikan bahwa raja Norwegia saat itu mengirimkan kayu Norwegia dan lonceng gereja ke Islandia untuk sebuah gereja yang akan dibangun di Þingvellir pada 1015.

Flatey Island Church
Bekas gereja ini sekarang adalah perpustakaan terkecil di Islandia. Bangunan kayu kecil yang dibangun pada tahun 1926 ini terkenal karena digunakan untuk rumah Flateyjarbok, manuskrip Islandia abad pertengahan terbesar. Terbuat dari vellum, atau kulit anak sapi, naskah itu ditulis sekitar tahun 1390 dan mencakup banyak kisah-kisah penting. Karena pulau itu dulunya rumah bagi sebuah biara besar, maka dianggap bahwa manuskrip itu ditulis oleh para imam.

Gereja Búðir
Terletak di sebelah pantai yang luar biasa di pantai selatan Snæfelsnes, gereja ini sering difoto dan merupakan lokasi pernikahan yang populer karena eksterior minimalnya dicat hitam, yang menciptakan kontras yang tajam dengan pegunungan di kejauhan.

Gereja Kirkjubær
Gereja ini dibangun dekat dengan fondasi gereja kuno, yang dianggap sebagai yang tertua di negara ini. Biara Benediktin didirikan di kota Kirkjubaer, yang berarti 'Desa Gereja', pada tahun 1186 tetapi dihapuskan pada pertengahan abad ke-16. Pendeta Jon Steingrimsson dimakamkan di pemakaman lokal dengan batu nisan yang menonjol. Dikatakan bahwa selama letusan gunung berapi Laki pada tahun 1783, ia memberikan khotbah yang menghentikan lava dari menguasai desa.

Itulah lima gereja terindah di Islandia, tentunya setelah Hallgrímskirkja yang amat disegani seantero Islandia. Untuk berkunjung ke Islandia mungkin agak merepotkan bagi Anda yang berada di Indonesia, ya, setidaknya Anda membutuhkan dua kali transit untuk melandas di sini. Pertama Anda perlu memesan tiket ke Skandinavia, katakanlah Norwegia dengan menggunakan KLM itupun Anda perlu transit di Dubai. Setelah mendarat di Oslo, barulah Anda melanjutkan penerbangan dengan maskapai lokal untuk menuju Islandia.

No comments: