Tuesday, January 14, 2020

Cara mengobati ruam popok

Written by

Ruam popok menyebabkan kulit kemarahan disekitar bokong atau selangkangan , keadaan ini dapat terjadi akibat berbagai hal seperti biasanya kulit bayi menjadi sensitive , iritasi karena zat tertentu , atau infeksi jamur dan bakteri yang ada di kulit . popok merupakan salah satunya dari banyakan kebutuhan bayi terutama pada bayi yang belum bisa berjalan atau mengerti caranya buang air dengan baik , pemakaian popok yang tidak baik juga menyebabkan ruam popok . walaupun termasuk masalah kulit yang ringan , anda harus tau cara mengatasi ruam popok yang tepat jika tidak akan menimbulkan infeksi dan menyebar ke area kulit lainnya inilah jika bayi mengalami ruam popok menyebabkan rasa perih dan sensasi seperti ditusuk tusuk jarum sehingga membuat bayi rewel bahkan jika kita perhatikan lagi bayi mungkin saja menangis saat baung air kecil , buang air besar , atau ketika mengganti popoknya dan gejala ini juga bisa membuatnya susah tidur dengan nyenyak . sebelum kita membahas cara mengobati ruam popok maka kita akan membahas kapan kita harus membawa bayi ke dokter ? yaitu keadaan keadaan seperti ruam muncul disertai demam , ruam popok kembali kambuh dan menimbulkan gejala yang lebih parah dari biasanya , membuat si kecil kesakitan saat buang air kecil atau besar , menyebabkan kulit terluka dan berdarah , ruam muncul disertai demam dan tidak juga membaik walaupun sudah diobati . lalu bagaimana cara mengobati ruam popok ?

Cara mengobati ruam popok

1. Memakai obat yang sesuai dengan resep dokter
Dengan cara ini mengatasi ruam popok tidak bisa sembarang , antibiotic boleh digunakan dibawah pengawasan dokter . begitu saja dengan oabt jamur . jika ruam popok disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur , pengobatan biasa tidak akan mengobati kondisi ini secara efektif . infeksi perkembangan bakteri dan jamur harus dihentikan dengan obat antibiotik atau antijamur. ini dilakukan mencegah dosis berlebihan yang bisa mengakibatkan resistensi antibiotic yakni bakteri menjadi kebal dengan antibiotic maupun efek samping yang membuat bayi tidak nyaman .

2. Menggunakan produk untuk kulit bayi yang aman
Bayi memiliki kulit yang sensitive sehingga mudah iritasi jika kulitnya sudah iritasi sehingga membutuhkan perhatian ekstra dalam memilih produk produk perawatan untuk kulitnya ini juga harus menjadi salah satu cara untuk mengatasi ruam popok dan membantu kulit untuk pulih lebih cepat . bahkan mayo clinic menyebutkan beberapa zat iritan pada kulit bayi yang sebaiknya dihindari seperti fenol , benzokain , diphenhydramine , salisilat dan hydrogen borat .

3. Membuat kulit bayi bernapas
Dengan cara membiarkan 10 menit bayi bebas tanpa popok sebanyak 3 kali sehari . ini bisa dilakukan saat mengganti popok atau ketika ia tidur siang . cara mengobati ruam popok juga bisa dengan cara melonggarkan popok bayi ini dilakukan agar ada celah untuk udara masuk dan menjaga kulit bayi tetap kering . jamur dan bakteri berkembang biak dengan baik di area kulit yang lembap . itulah yang menyebabkan kita menjaga kulit bayi tetap kering . ini dilakukan dengan membiarkan kulit bayi terpapar dengan udara yang lebih sering .

4. Pastikan sering mengecek poponya
Rajin mengecek popok dan memastikan popoknya dalan kondisi kering dan tidak kering jangan lupa juga sebelumnya cuci tangan dulu dengan sabun untuk mencegah perpindahan bakteri yang bisa memperburuk ruam popok .

No comments: