Wednesday, August 12, 2020

Beberapa Cara Kompres File PDF Tanpa Ribet

Written by

Ukuran file PDF yang terlalu besar seringkali membuat media penyimpanan menjadi lebih cepat penuh. Tidak hanya itu, untuk keperluan administrasi, pendaftaran pekerjaan, atau lainnya, file PDF yang terlalu besar juga membuat dokumen tidak bisa dilampirkan. Oleh karenanya, mengetahui cara kompres file PDF adalah hal yang penting agar ukuran file PDF yang diperlukan bisa dikecilkan.

Cukup banyak yang mengira bahwa file PDF tidak bisa diubah dan diedit sebagaimana jenis file dokumen lainnya. Pandangan ini tentu saja salah. Saat ini sudah banyak software PDF yang dilengkapi dengan fitur editing sehingga mengubah file PDF, termasuk mengompres ukuran file bisa dilakukan.

Nah, bagaimana saja cara untuk kompres file PDF tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Cara Kompres File PDF Tanpa Ribet

Ragam Cara Kompres File PDF Dengan Mudah

Berbincang tentang mengompres file PDF agar ukurannya berkurang, ada cukup banyak software yang bisa digunakan dengan mudah. Nah, adapun beberapa software tersebut dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

1)      Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu software yang bisa diandalkan untuk mengompres file PDF dengan mudah. Namun, untuk bisa melakukan hal ini, maka MS Word yang digunakan adalah versi Office 2013 ke atas.

Nah, untuk mengompres file PDF menggunakan Microsoft Word, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

·         Buka file PDF yang akan di kompres dengan menggunakan Microsoft Word versi 2013 atau di atasnya

·         Secara otomatis, file PDF yang dibuka tersebut akan berubah menjadi file atau dokumen word

·         Nah, setelah dibuka, klik save as pada menu file, lalu pilih tipe file PDF

·         Selanjutnya, pilih minimum size pada opsi optimize for di dalam menu penyimpanan

·         Klik save untuk menyimpan file tersebut

2)      Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Adobe Acrobat Pro adalah software lain yang juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah. Nah, untuk mengompres ukuran file PDF dengan software ini, ikuti langkah di bawah ini :

·         Buka file PDF yang sudah disiapkan menggunakan software Adobe Acrobat Pro

·         Selanjutnya, klik pada menu file dan pilih opsi save as other, lalu pilih opsi reduce size PDF

·         Setelah itu akan muncul pop up window di layar dan pilih retain existing di opsi make compatible with, lalu klik OK

·         Pilih direktori folder untuk menyimpan file yang sudah di kompres tersebut. Klik save untuk menyimpan

3)      Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

Software lain yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah ORPALIS. Ini adalah aplikasi khusus yang memang hanya bisa digunakan untuk mengompres file PDF saja. Tentu, aplikasi ini cukup kecil dan mudah digunakan.

Nah, untuk menggunakan aplikasi ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

·         Download aplikasi ORPALIS PDF reducer terlebih dahulu dan instal seperti biasa

·         Pilih file PDF yang sudah disiapkan. Masukkan file pada bagian source dan isi bagian destination untuk tempat penyimpanan file yang sudah jadi nantinya

·         Setelah itu, untuk mengompres file PDF yang Anda miliki, klik start batch yang terdapat dalam aplikasi

·         Tunggu proses kompres hingga selesai. Nantinya akan muncul pop up window yang menujukkan proses kompres sudah selesai

4)      Menggunakan Nitro PDF

Nitro PDF adalah salah satu aplikasi viewer PDF yang cukup terkenal. Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga bisa diandalkan untuk mengedit file PDF dengan mudah. Ada cukup banyak fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, salah satunya adalah reduced size.

Perlu diketahui, fitur ini hanya bisa didapatkan pada Nitro PDF versi full version atau berbayar. Nah, untuk mengecilkan ukuran file PDF menggunakan aplikasi ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

·         Buka file PDF yang sudah disiapkan menggunakan aplikasi Nitro PDF. Selanjutnya, klik pada menu file

·         Langkah selanjutnya, klik optimize PDF

·         Lalu, pilih reduced size kemudian klik opsi optimize

·         Tunggu hingga proses kompres file tersebut selesai. Jika proses selesai, maka akan muncul jendela yang menunjukkan perbedaan file PDF sebelum dan sesudah proses kompres

·         Klik accept

·         File yang diedit akan secara otomatis terbuka dan Anda tinggal menyimpannya

Nah, beberapa cara di atas bisa membantu Anda untuk mengompres file PDF dengan tepat. Untuk cara lain, termasuk cek keberadaan domain yang mudah, Anda bisa klik laman domainesia.com guna mendapatkan bantuan.

Deskripsi: cara kompres file PDF sebenarnya cukup beragam dan cukup mudah. Ada cukup banyak software dan aplikasi yang bisa digunakan tanpa teknik khusus.

No comments: